Sabtu, 29 Agustus 2009

Pilih Operator Broadband untuk Ponsel Cepat


Perkembangan ponsel berkemampuan internet pita lebar semakin pesat. Harga pasaran ponsel berkemampuan 3G-HSDPA dan CDMA-EVDO semakin murah. Untuk GSM/3G, ponsel dari Samsung berkemampuan HSDPA sudah di bawah 3juta. Ponsel Pintar dari Motorola, Q8 CDMA pun tak kalah, dengan mengusung teknologi EVDO bersaing dengan produk HTC (dipakai Audiovox).
Tetapi, apakah internet berkecepatan tinggi pada ponsel tersebut bisa optimal digunakan? Dalam artian, penggunaan internet di sini adalah koneksi internet digunakan bersanding/bersamaan dengan penggunaan ponsel lainnya (misalnya voice dan SMS).

Tidak banyak operator yang menjual internet kecepatan tingginya secara eceran. Untuk itu, saya membuat tabel sebagai perbandingan. Tabel di bawah menggunakan tolok ukur : tidak perlu apply nomor baru untuk internet UMTS/HSDPA atau EVDO, dan kemudahan penggunaan (boleh pakai eceran, tanpa ambil paket).

Operator Internet Broadband plus Voice+SMS


GSM

layanan

tarif eceran

Telkomsel

HSDPA

Rp 350/menit

Flash Pay As you Go

XL

HSDPA

Rp 5/kB

AXIS

UMTS

Rp 1/kB

Three

UMTS

Rp 3/kB

Indosat

UMTS

Rp 1/kB

perlu apply nomor baru (0814) jika ingin HSDPA

CDMA

layanan

tarif eceran

Smart

EVDO

Rp 8000/hari

paket Gold

Fren

1x

Rp 2/kB

harus pakai Mobi (tanpa voice) jika ingin EVDO

StarOne

1x

Rp 1/kB

Flexi

1x

Rp 3/kB



Data-data tersebut dikumpulkan dari website masing-masing operator.
Ada operator yang tidak menulis secara explisit tarif ecerannya (per kB), sehingga tarif yang diambil merupakan tarif berdasarkan satuan waktu.

Untuk Indosat, pengguna-pengguna nomor reguler (Matrix, Mentari, IM3 ) hanya bisa menggunakan akses maksimum UMTS. Jika ingin HSDPA, harus apply nomor baru (prefix 0814, dan harus ambil paket Broadband). Hal ini cukup menyulitkan pengguna yang memiliki nomor lama tetapi ponselnya sudah HSDPA dalam memperoleh akses broadband tanpa harus ganti nomor.

Operator GSM Telkomsel cukup baik dalam kebijakan akses HSDPA terhadap pelanggan lamanya. Pelanggan yang tidak ingin ambil paket, masih bisa HSDPA dengan dilayani dengan tarif eceran. Ada juga variasi perhitungan internet berdasarkan waktu. Cakupan layanan 3G (UMTS/HSDPA) Telkomsel juga terluas dibandingkan operator lainnya.

XL hampir serupa dengan Telkomsel, hanya saja BTS 3G-nya masih kurang sebanding dalam jumlah.

Saya salut dengan operator AXIS, karena dia satu-satunya pesaing Telkomsel di tengah kota Demak (Jawa Tengah) dalam sinyal layanan 3G/UMTS.

Pada segmen CDMA EVDO, baru Smart yang habis-habisan dalam menggelar internet broadband plus voice+SMS.

Mobile-8 masih memisahkan antara pengguna data (Mobi) dan suara (Fren/Hepi), sehingga kurang menarik jika sudah memiliki nomor Fren dan menggunakan Smartphone EVDO (Motorola atau HTC).

StarOne pernah publikasikan layanan EVDO-nya di Balikpapan, tetapi sampai saat ini kurang terdengar lagi perkembangannya.


Tidak ada komentar: