Senin, 16 Juni 2008

Buat Hotspot Gratis Sederhana murah meriah

Koneksi Internet Broadband murah meriah makin membanjiri wilayah ibukota dan beberapa wilayah kota lain.

Jika anda punya public area (misalnya Kafe, Warung, Tempat Belanja, dll)yang ingin dikasih fasilitas Hotspot sebagai nilai tambah, bisa aja nih.
  1. Langganan Internet Unlimited murah-meriah. Misalnya, FastNet atau Telkomsel Flash Unlimited atau Speedy Office Unlimited.
  2. Punya Modem/Router dan AccessPoint. Kalau pakai FastNet, tinggal beli AccessPoint yang sudah termasuk Router. Setahu saya, WAP termasuk router sederhana harganya sekitar 400-500ribu kok. Jika mau pakai Telkomsel Flash Unlimited, musti beli Router Wireless 3G (ada merk DLink) dan Access Point-nya. Speedy? sudah ada router+modem+AP.
  3. Setting AccessPoint-nya dengan NoEncryption.
  4. Atur Posisi AccessPoint agar tidak luber sampai luar area yg diinginkan. Kalau tempatnya kecil tapi punya AccessPoint yang powernya kuat, mungkin Anda terpaksa harus menambah tembok tebal di dekat pintu keluar, agar "hotspot" anda tidak ditebengi oleh orang (yang ada di) luar. :D

Langkah terakhir, kasih tau posisinya ke saya agar saya bisa nebeng internetnya gratis. hehehe.

Ada tip cantik dari pemilik Warung di Yogyakarta (ada di harian Kompas beberapa minggu lalu), yang menyediakan hotspot gratis untuk pembelinya. Mereka disuguhi singkong goreng gratis juga. Tapi minumnya yang "mbayar". Alasannya, kalo makan singkong goreng kan "seret", pasti butuh minum. :D

2 komentar:

Jimmy mengatakan...

ada yang lebih murah lagi bung, pake usb wifi yang bisa di set jadi pemancar wifi, lumayan tuh, modal 26 dolar bisa lebih hemat lagi, tapi saya lom tau, yang bikin project masih bocah pula, ini link nya :
http://ichsanni.blogspot.com/2008/04/setting-usb-wifi-menjadi-akses-point.html

Indra Sanjaya mengatakan...

Untuk membuat hotspot memang banyak pilihan dan benefit.
Untuk Hotspot gratis tanpa billing, saya lebih suka AP+Modem karena lebih praktis, dan mustinya lebih murah. Maintenance-nya tidak serumit PC.

Jika ingin menggunakan Billing Plan (Hotspot komersil), metoda dari Ichsanni bisa dipertimbangkan (bahkan saya bisa rekomendasikan) sebagai PC+Router+Billing Server. Apalagi tanpa menggunakan harddisk, tapi pakai FlashDisk atau pakai CF card+IDE converter. OS-nya menggunakan Linux.