Sabtu, 20 Maret 2010

Pakai BB lama berkecepatan Broadband

http://blogindra.sanjaya.org/2010/03/pakai-bb-lama-berkecepatan-broadband.html .

Pakai Fastnet 1,5Mbps



Jika anda masih pakai BlackBerry Curve lama, gak perlu minder dengan koneksi. Asalkan bisa connect via WiFi, kita bisa lewatkan lalulintas BIS (BB Internet Services) melalui internet Broadband.
Kecepatan maksimal BB curve (juga Javelin dan Gemini) jika melalui network operator hanya sekelas EDGE.  Dan itu pula tidak maksimal, karena kemampuan operator untuk menyediakan bandwidth dari BTS sampai ke server RIM tidak selalu cepat.
Karena Wifi bisa maksimal 54Mbps, kita bisa manfaatkan internet yang ada untuk layanan BIS secara cepat. BIS via WiFI ini juga bisa digunakan untuk daerah Blank-Spot dari layanan operator.
Indikator yang menunjukan bahwa kita bisa melewatkan BIS melalui Wifi, adalah dari tanda warna hijau di "Manage Connections".




Dengan indikator Hijau tersebut, kita bisa melihat di status  :











Adapun cara-caranya sbb :
  1. Langganan BIS unlimited dari Operator. Harus Unlimited, karena Service Book yang diberikan kepada pelanggan betul-betul Full bisa melewatkan service BB (BB Messenger, Push Email, Browsing, FBan, dll) via Wifi. Saya ambil service BIS Unlimited yang termurah di Indonesia saat ini, Rp 19.000 per minggu dari Three.
  2. Punya akses WiFi. Terserah mau pakai Speedy, Fastnet, atau Mobile Router. Saya menggunakan Mobile Router (pakai koneksi HSDPA dari operator lain) selain bersifat portable, jika berada di network 3G/UMTS/HSDPA kecepatannya lumayan dibanding EDGE biasa. Atau jika berada di mall, cari hostpot gratisan yang disediakan.

Untuk informasi, layanan yang bukan Unlimited (BIS Bisnis, Chat, Gaul, dll) tidak bisa menggunakan Wifi sebagai transport BIS. Ini karena operator tidak akan memberikan Service Book untuk WiFi transport ini.

Selamat mencoba.

Tidak ada komentar: