Sabtu, 07 Maret 2009

Plurk : alternatif baru situs pertemanan

Di Indonesia saat ini, Facebook sudah merajai untuk "pertemanan" online. Sampai-sampai ada kartun di harian Kompas beberapa waktu lalu, tentang sepasang sahabat Benny & Mice yang sedemikian berusaha & gembiranya mereka bisa menjadi "teman" dalam Facebook. Padahal mereka sudah lama bersahabat erat dalam dunia "nyata".

Fenomena Facebook saat ini sudah mengalahkan Friendster yang beberapa waktu lalu sempat juga merajai dunia pertemanan online Indonesia. Mungkinkah FB terkenal di Indonesia karena dipakai oleh Obama? Seperti SDN Menteng yang jadi terkenal karena pernah jadi tempat Obama bersekolah beberapa waktu.

Di Amerika sendiri, trend sudah mulai bergeser ke Plurk (http://www.plurk.com). Sebuah situs yang juga mengangkat pertemanan, tetapi membawa design dan suasana berbeda dari FB. Format TimeLine Shoutout di webnya, membuat menarik karena terlihat lebih simpel.
Plurk menggunakan sistem peringkat "Karma", yang memberikan keistimewaan bagi peraih karma level tertentu.
Tidak ada aplikasi dan tidak ada album foto memperjelas perbedaan dengan FB.
Mungkin ini yang menyebabkan Plurk lebih disukai di US.
Untuk sharing foto, hanya user yang sudah verifikasi no HPnya atau user yang sudah memiliki Karma di atas 25 point yang bisa Upload.
Tetapi bisa juga sharing link/video yang diletakkan di server lain seperti Youtube.

Fitur utama Plurk merupakan online Status. Uniknya, online status ini bisa di-broadcast otomatis ke beberapa situs pertemanan online terkenal lainnya seperti Facebook, Friendster, dan Multiply.
Untuk interaksi dengan teman atau fans, Plurk terlihat unik & lucu seperti chatting pada topik tertentu.

Untuk perbandingan secara mangga-dengan-mangga (English-nya mango-to-mango), Plurk ini bisa ditandingkan dengan Twitter (http://www.twitter.com). Plurk lebih unggul secara fasilitas dibandingkan Twitter.

Ini adalah widget Plurk saya :

2 komentar:

yourbodysecrets.blogspot.com mengatakan...

hai,aku mau kasih informasi ada sebuah situs sosial di mana kamu bisa mendapatkan bayaran jika kamu merefensikan kepada temanmu dan juga kamu bisa mendapatkan kartu kredit payoneer secara gratis untuk menarik pembayaran kamu dan juga kartu ini sangat bermanfaat bagi kamu yang menjalankan bisnis online dan kamu bisa mengambil uang dari pyoneer menggunakan ATM di di mana saja yang berlogo mastercard di friendfinder.com

Linclon Park mengatakan...

tapi menurut aku plurk kayaknya hampir mirip dengan friendster, tapi level facebook ga ada yang bakalan ngalahain dech..
programnya aja dari ajax